Kenaikan TDL dan Harga Minyak Bisa Picu Inflasi 6 Persen



Ketua Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM-UI) M Chatib Basri memprediksi tingkat inflasi Indonesia 2010 akan berada pada level 6-7 persen didorong oleh rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik (TDL) Juli 2010 mendatang dan kenaikan harga komoditas dunia terutama harga minyak mentah.

"Kenaikan TDL inflasi bisa mencapai 6 persen namun dengan kecenderungan kenaikan komoditi dunia maka inflasi bisa naik hingga 7 persen. Tapi saya kira mudah-mudahan itu tidak terjadi," kata Chatib usai seminar "The 10th Annual Citi Indonesia Economic and Political Outlook" di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (18/3/2010).

Menurut dia kenaikan harga komoditas dunia terutama harga minyak mentah, yang bisa memengaruhi kenaikan harga BBM, sangat menyulitkan bagi Bank Indonesia untuk mengelola ekspektasi tingkat inflasi pada kisaran 5,5 persen sesuai target pemerintah.

"Kecuali BI (Bank Indonesia) bisa mengelola ekspektasi inflasi dengan baik. Makanya pengelolaan inflasi sangat penting. Inflasi pada kisaran 6-7 persen jangan dikhawatirkan secara berlebihan karena sebelumnya inflasi sempat berada di kisaran 8-9 persen," katanya.

Tingkat inflasi yang terbilang rendah tahun lalu (2,78 persen), menurut Chatib, karena dipengaruhi harga BBM yang turun serta administered price yang menurun. "Kalau sekarang untuk mendapat tingkat inflasi 5,5 persen saja susah," jelasnya.

Dikatakan tahun ini tingkat inflasi bisa tetap terjaga karena didukung menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Chatib memprediksi rata-rata nilai tukar akan menguat Rp 9.500 per dolar AS dibandingkan tahun lalu yang berada pada level rata-rata Rp 10.200 per dolar AS.
Selain itu kemungkinannya Bank Indonesia juga akan mempertahankan suku bunga acuan atau BI rate pada level 6,5-7 persen hingga akhir tahun.

Ulasan: kalau TDL dan BBM naik berarti semua harga pun akan naik termasuk harga SEMBAKO, rakyat akan semakin sengsara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Kenaikan TDL dan Harga Minyak Bisa Picu Inflasi 6 Persen"

Posting Komentar