Harga Gabah Anjlok, Bulog Beli Gabah Petani




Menyikapi harga gabah yang belakangan ini terus anjlok, Perum Bulog menampung gabah petani. Dengan langkah ini, diharapkan harga gabah bisa terkontrol.

"Sudah, kita sudah beli. sudah kontrak juga," kata Dirut Perum Bulog Sutarto Alimoeso, saat ditemui di Kantor Kementrian bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu ( 17/3/2010 ) petang. Sutarto menambahkan, pihaknya membeli gabah sesuai Harga Pokok Pembelian Pemerintah (HPP) gabah.

Berdasarkan Inpres 7/2009 , untuk menjaga keuntungan usaha tani padi, pemerintah menaikkan HPP untuk gabah dan beras. Kenaikan tersebut sebesar 10 persen mulai berlaku pada 1 Januari 2010.

Adapun rinciannya, yakni harga untuk Gabah Kering Panen (GKP) di Petani dengan kadar air maksimal 25 persen dan kadar hampa/kotoran maksimal 10 persen, harga sebelumnya Rp 2.400 per kilogram menjadi Rp 2.640 per kilogram. Sedangkan GKP di Penggilingannya, naik dari Rp 2440 per kilogram menjadi Rp 2685 per kilogram.

Gabah Kering Giling (GKG) di Penggilingan dengan kadar air maksimal 14 persen dan kadar hampa/kotoran maksimal 3 persen naik dari Rp 3000 per kilogram menjadi Rp 3300 per kilogram . Sedangkan GKG di Gudang Bulog naik dari Rp 3040 per kilogram menjadi Rp 3345 per kilogram.

Beras di Gudang Bulog dengan klasifikasi kadar air maksimal 25 persen, butir patah maksimal 20 persen, kadar menir maksimal 2 persen, dan derajat sosoh minimal 95 persen, harganya naik dari Rp 4600 per kilogram menjadi Rp 5.060 per kilogram.

Menurut Sutarto, pihaknya bakal terus memantau pergerakan harga gabah ini. "Kalau ada info itu pastinya kita turunkan satgas kita," tandasnya.

Ulasan: kebijakan Pemerintah sudah bagus, kebijakan dalam membeli gabah karena bisa mengontorl harga gabah dan menjaga usaha kentungan usaha petani. teapi seharusnya juga tidak hanya pas waktu harga gabah turun aja baru pemerintah ada kebijakan untuk membantu para petani.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Harga Gabah Anjlok, Bulog Beli Gabah Petani"

Posting Komentar