Investor Irak dan Yordania Tawarkan Proyek ke BUMN



Perusahaan BUMN mulai dilirik oleh negara lain. Investor Irak dan Yordania menawarkan proyek kepada sejumlah perusahaan BUMN. Irak menawarkan proyek infrastruktur atau konstruksi, sedangkan Yordania lebih menawarkan kegiatan ekspor-impor perdagangan.

''Dubes (Duta Besar) kita di Yordania yang juga merangkap sekaligus Irak dan Maroko, membawa pengusaha dari sana untuk mencari mitra bisnis konstruksi,'' ujar Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, saat ditemui di kantornya, di Jakarta, Kamis (25/3).

Tiga investor Irak menawarkan pembangunan jalan dan gedung tinggi di sana. Menurut Mustafa, ajakan ini seiring dengan langkah Irak untuk kembali membangunan beberapa gedung, jalan, dan properti lainnya yang hancur beberapa waktu lalu akibat serangan Amerika Serikat (AS).

''Jadi, di sana ada peluang untuk membangun jalan, gedung, termasuk perumahan terutama di Irak. Kelihatannya sekarang ini waktunya untuk mebangun kembali, jadi mereka mengajak kita untuk bekerja sama atau memanfaatkan peluang itu. Sebelum orang lain kita harus memanfatkan,'' katanya.

Untuk mengisi peluang ini, Kementerian BUMN akan mendorong BUMN yang bergerak di bidang konstruksi seperti PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), dan PT PP Tbk untuk terlibat di dalamnya. Terlebih lagi, BUMN karya tersebut telah memiliki segudang pengalaman.

Sementara itu, menyoal kedatangan dua orang investor Yordania tadi pagi, Mustafa menyatakan kalau mereka lebih mengajak BUMN dalam kegiatan ekspor-impor perdagangan. Salah satu tawaran yang diajak oleh kedua investor Yordania tersebut adalah melibatkan Indonesia dalam perdagangan semen. ''Mereka mengharapkan dalam trading, (agar) Indonesia bisa ikut (atau) mau mengimpor semen ke sana, atau barang-barang lain yang bisa diperdagangkan. Saya kira ini peluang yang bagus untuk dimanfaatkan. Nantinya, bisa dibentuk mitra atau joint venture,'' paparnya.

Ulasan: bagus, asalkan kerjasama ini menguntungkan untuk Inonesia sehingga dapat mensejahterahkan rakyat Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Investor Irak dan Yordania Tawarkan Proyek ke BUMN"

Posting Komentar