Ekonomi Syariah Kuat Hadapi ACFTA



Di tengah isu perdagangan bebas ACFTA (ASEAN-China Free Trade Agreement) memasuki awal tahun ini, ekonomi syariah dinilai mampu untuk menyelesaikan tantangan perekonomian global. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, M Hatta Rajasa mengatakan saat pasar bebas mengalami kerapuhan, Indonesia memiliki peluang besar untuk membangun dan mengedepankan kembali penerapan prinsip ekonomi syariah sebagai solusi untuk menyelesaikan berbagai tantangan ekonomi global.

“Ekonomi syariah dengan dasar rujukan dari Alquran dan Sunnah tentu menuntut kita ke arah pelaksanaan ekonomi yang membawa kemaslahatan,” kata Hatta dalam sambutannya yang diwakili oleh Staf Khusus Pemantauan Kebijakan Ekonomi, Purbaya Yudi Sadewa, dalam Persatuan Islam Economic Forum bertema Mampukah Ekonomi Syariah Menghadapi Pemberlakuan Sistem Perdagangan Bebas CAFTA, Ahad (28/2). Melalui ekonomi syariah tersebut, tambahnya, setidaknya akan dapat mengubah arah globalisasi ekonomi dari pasar bebas sebebas-bebasnya menuju pada tatanan perekonomian yang lebih terbuka dan berkeadilan.

Hatta menuturkan, perkembangan ekonomi syariah di Indonesia telah didukung oleh kebijakan pemerintah untuk tetap memberikan keberpihakan pada kepentingan domestik. Menyikapi pesatnya kemajuan ekonomi syariah itu, lanjutnya, antara lain adalah dengan meningkatkan etos kewirausahaan di kalangan umat Islam. “Karenanya kita harus mendorong dan memfasilitasi lembaga pendidikan Islam agar menjadikan kewirausahaan sebagai salah satu materi dalam kurikulum pendidikan, dan juga bagi ormas untuk mendorong anggotanya untuk berwirausaha,” kata Hatta.

Untuk mengembangkan kewirausahaan tersebut, ia pun mendorong masyarakat memanfaatkan lembaga perbankan dan keuangan syariah. Dengan pengembangan kewirausahaan tersebut, ujarnya, maka akan dapat memfasilitasi terciptanya inovasi dan terobosan baru yang dapat berkontribusi bagi peningkatan daya saing bangsa. Dia pun mengimbau para pelaku ekonomi syariah dapat menjawab tantangan pemberlakuan sistem pasar bebas ASEAN-Cina 2010.


ulasan: menurut saya, ekonomi syariah sangat bagus bagi citra negara indonesia karena negara kita adalah negara islam terbesar di dunia dan sangat bagus bagi negara kita dalam menjalani perdagangan bebas

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Ekonomi Syariah Kuat Hadapi ACFTA"

Posting Komentar