Pemerintah Akan Seleksi Direksi PT KA

Pemerintah akan mengubah susunan direksi dan komisaris PT Kereta Api (PTKA) terkait habisnya masa tugas beberapa pejabat dalam perusahaan transportasi perkeretaapian itu.

"Pergantian ya...secepatnya, namun tergantung Tim Penilai Akhir (TPA). Proses pelaksanaan fit and proper test sudah disiapkan, untuk selanjutnya diajukan ke TPA," kata Deputi Menteri BUMN Bidang Infrastruktur dan Logistik Sumaryanto Widayatin di Kantor Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa (23/11/2010).

Menurut Sumaryanto, alasan pergantian selain masa tugas yang habis, juga untuk meningkatkan kualitas layanan dan kinerja keuangan perseroan.

Seleksi antara lain untuk mengisi posisi direktur keuangan, dan direktur pengembangan usaha. "Untuk setiap posisi akan dicarikan tiga orang calon untuk diseleksi. Agar lebih fokus, struktur organisasinya juga akan dikembangkan, misalnya antara direktur pengembangan usaha dengan tugas direktur keselamatan," katanya.

Meski begitu, Sumaryanto enggan menanggapi pertanyaan, apakah posisi direktur utama yang sekarang dijabat Ignatius Jonan juga akan ada penggantian. "Itu sangat tergantung pemegang saham," katanya.

Sumaryanto menuturkan, secara statistik musibah angkutan kereta api menurun dari waktu ke waktu, namun yang tidak kalah penting adalah bagaimana PTKA secara korporasi dapat memberi layanan yang terbaik kepada masyarakat dan pemerintah.

Ia menuturkan, dalam meningkatkan layanan dan kinerja keuangan, enam prospektif yang dapat dijadikan key performa indicator (KPI), yaitu memberi pelayanan kepada pelanggan, produk-produk dapat disampaikan kepada masyarakat, proses bisnis yang berkelanjutan.

Selanjutnya, perkembangan sumber daya manusia, kepemimpinan dalam perusahaan, dan kinerja keuangan. "Setiap poin tersebut akan diberikan bobot, sehingga dalam satu periode tertentu dapat diukur apakah dalam satu KPI tersebut sudah tercapai atau tidak," katanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pemerintah Akan Seleksi Direksi PT KA"

Posting Komentar