Sepertiga Pasar Garmen Indonesia Direbut Cina

Tahun ini, industri garmen dalam negeri terancam kehilangan sepertiga potensi pasar domestik, terambil produk impor dari Cina. Akibatnya, ribuan industri kecil dan menengah yang berorientasi di segmen lokal terancam tutup tahun ini. Demikian ungkap Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Benny Sutrisno.

Menurutnya, saat musim puncak menjelang Lebaran, potensi pasar garmen lokal sekitar tiga triliun rupiah. ''Tahun ini bisa terjadi penurunan omzet sampai 30 persen. Dengan kata lain, satu triliun,'' katanya yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Kadin bidang Perdagangan, Distribusi, dan Logistik, usai jumpa pers di Menara Kadin, Senin (5/4).

Sementara, industri berskala besar yang memiliki orientasi eskpor, menurut Benny, tidak akan mengalami kerugian yang berarti. Karena, pasar eskpor masih memberikan peluang besar. Tantangan yang dialami industri TPT skala besar yaitu menguatnya nilai tukar rupiah. ''Harusnya pemerintah bisa menjaga agar rupiah berada di kisaran yang ideal baik untuk impor maupun ekspor. Harusnya rupiah Rp 9.500 perdolar AS,'' terangnya.

Benny mengatakan, selama Maret lalu impor TPT (tekstil dan produk tekstil) terutama dari subsektor garmen melonjak 30 persen dibanding Februari. Impor garmen tersebut di dominasi oleh produk China menyusul menyusul diberlakukannya ACFTA. ''Peningkatan ini sudah cukup untuk membuat KPPI (Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia) dan KADI (Komite Anti Dumping Indonesia) untuk bergerak,” katanya. n c15

Berdasarkan data API, arus impor produk TPT terus menanjak dari tahun ke tahun. Pada 2008, misalnya, impor TPT Cina melejit 197 persen menjadi 1,034 miliar dolar AS. Kemudian pada tahun 2009 impor ditaksir meningkat 11 persen menjadi 1,144 miliar dolar AS. Padahal, pada 2006 dan 2007 impor asal Cina masing-masing hanya mencapai 262 juta dolar AS dan 348 juta dolar AS.

Ulasan: Semoga bisa dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kualitas TPT dalam negri, hingga produk kita tidak kalah bersaing dengan produk luar negri.... Semangat dan lebih kreatif lagi Indonesia ku... tercinta....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Sepertiga Pasar Garmen Indonesia Direbut Cina"

Posting Komentar